Masuknya Budaya Barat Ke Indonesia

Nama : Fahfudin Farhan
Kelas : 1IA10
NPM : 52417058

Tugas Ilmu Sosial Dasar 1


Munculnya kebudayaan tidak semena - mena ada dengan sendirinya, karena kebudayaan merupakan suatu sistem gagasan, tindakan, serta hasil karya dalam kehidupan masyarakat, oleh karena itu kebudayaan merupakan sebuah aset yang sangat berharga bagi suatu bangsa dan kebudayaan juga mencerminkan jati diri dari suatu Negara.

Sudah seharusnya kita sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki banyak sekali kebudayaan, untuk mencintai kebudayaan dan menjaga serta melestarikan kebudayaan tersebut, karena dengan berjalannya waktu bukannya tidak mungkin beberapa kebudayaan bahkan mungkin banyak kebudayaan akan di tinggalkan masyarakatnya sendiri.

Sekarang kebudayaan tradisional sudah banyak yang di tinggalkan oleh para remaja saat ini, karena mereka menggangkapnya kebudayaan merupakan sebuah hal yang kuno ( ketinggalan jaman ), dan mereka lebih memilih untuk mengikuti trend kekinian.

Hal tersebut membuat kebudayaan tradisional akan tersingkir oleh ulah masyarakatnya itu sendiri, dan bukannya hal yang mustahil bahwa suatu saat akan ada beberapa kebudayaan dari negara kita ini direbut oleh negara tetangga kita.

Seiring dengan berjalannya waktu, kebudayaan asing sudah mempengaruhi gaya hidup di negara Indonesia ini, bagaimana tidak ? sekarang kita sulit sekali untuk melihat para remaja memakai pakaian adat dalam kehidupan sehari - hari, sekarang kita hanya dapat menjumpai para remaja menggunakan pakaian modern ala barat.

Berikut ini merupakan beberapa pengertian budaya dan kebudayaan menurut beberapa ahli :


1. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaanadalah sarana hasil karya, rasa,
dan cipta masyarakat.

2. Menurut Edward Burnett Tylor,kebudayaan merupakan keseluruhanyang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan,kesenian, moral, hukum, adat istiadat,dan kemampuan-kemampuan lain yangdidapat seseorang sebagai anggotamasyarakat.

3. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. 

4. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktursosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual danartistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

5. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untukpendapat ituadalah Cultural-Determinism.

Tetapi perlu kalian ketahui juga, pengaruh budaya barat yang masuk ke indonesia tidak sepenuhnya membawa dampak yang selalu negatif. Mungkin bila kita adalah bangsa yang tertutup kita akan tertinggal dengan bangsa yang lain karena arus globalisasi selalu berjalan setiap waktu.

Bila kalian masih binggung dan meraba - raba tentang dampak yang di hasilkan oleh budaya yang masuk ke indonesia, berikut ini merupakan dampak positif dan negatif dari akibat masuknya budaya barat ke Indonesia.


Dampak positif


1. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi 
Dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat jadi berfikir lebih jauh kedepan dan mendorong masyarakat tersebut menjadi kreatif.

2. Tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat
Seiring dengan kemajuan pembangunan, hal tersebut membuat membuka lapangan - lapangan kerja baru yang dapat meningkatkan tingkat taraf kesejahteraan masyarakat.

Dampak negatif


1. Kesenjangan ekonomi
Karena rencana pembangunan yang tidak merata dan semua industri serta pembangunan hanya berada di sebuah titik yang dinamakan "Ibu Kota" yang membuat beberapa daerah yang jauh dari kota menjadi daerah yang tertinggal. Hal tersebut berakibat pada masyarakat yang masih tinggal di desa menjadi sangat tertinggal bila di bandingkan dengan ekonomi dan pembangunan di desa dengan di kota.

2. Penyalahgunaan teknologi
Sekarang banyak sekali penjahat yang menyalahgunakan teknologi seperti, hacker, penipuan online, dan lain sebagainya. Hal tersebut di akibatkan oleh ketermudahan orang untuk menggunakan teknologi yang kian hari semakin canggih.

3. Menjadi masyarakat individualis
Untuk menjalin dengan orang lain yang sangat jauh sekalipun sekarang dapat dilakukan dengan teknologi, dan hal tersebut menjadikan manusia menjadi makhluk individualis karena jarang berinteraksi secara langsung dengan manusia lainnya.

4. Menjadi kebarat - baratan
Menjadi anak hits mungkin adalah hal yang di inginkan remaja sekarang ini, karena mereka akan mendapatkan perhatian lebih dengan gaya berpakaian atau berpenampilan yang berbeda dengan orang biasanya, seperti meniru gaya berpakaian orang barat.



Jadi, kalian harus berhati - hati dalam menjalani kehidupan karena pada dasarnya pengaruh atau dampak negatif itu akan menempel pada diri apabila kita tidak dapat menyaring hal yang baik dan yang buruk untuk kehidupan kedepannya.

Sekian pembahasan mengenai masuknya budaya barat ke indonesia, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk membuka wawasan menjadi lebih luas . -Terimakasih

















Komentar