Konsep dasar bisnis informatika dan prospek bisnis di bidang teknologi informasi

Definisi Umum

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisasi oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri, menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar kualitas hidup mereka

Bisnis secara sederhana adalah semua kegiatan yang dilakukan seseorang atau lebih yang terorganisasi dalam mencari laba melalui penyediaan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat

Pengertian bisnis memuat 4 aspek :

  • Suatu kegiatan usaha
  • Mendapatkan laba
  • Menghasilkan barang dan jasa
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

TIK mencakup 2 (dua) aspek yaitu :

Teknologi informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.
Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu atau hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.


Bisnis informatika meliputi  semua kegiatan yang dilakukan dengan cara transaksi jual beli yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti transaksi jual beli secara online dengan menggunakan hp, laptop atau pc dan internet.
 
Ada 2 Jenis dan tipe bisnis informatika, yaitu :

Bisnis produk yaitu bisnis yang menjual barang, seperti :
  • hardware (perangkat keras)
  • software (perangkat lunak)
Bisnis jasa yaitu bisnis yang menawarkan pelayanan kepada konsumen, seperti :
  • Software house adalah seseorang atau sekelompok atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak.
  • E-commerce (jual beli online) yaitu suatu transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
  • IT consultant adalah bisnis jasa yang menangani konsultasi di bidang IT, seperti memberi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.


Komentar