Sebuah Ide Desa Cerdas Tanpa Polusi

Nama  : FAHFUDIN FARHAN
Kelas  : 1IA10
NPM  : 52417058

Banyak sekali inovasi yang dapat diciptakan untuk membangun desa yang nyaman dan aman, karena setiap manusia mempunyai pemikiran yang berbeda dan hal tersebut akan memunculkan banyak sekali inspirasi yang berbeda - beda pada setiap manusia.

Dalam tulisan ini saya ingin mengeksperikan sebuah ide atau gagasan yang mungkin suatu saat akan dapat di terapkan dalam kehidupan. Sebelum itu saya ingin mengingatkan bahwa ide  yang menginspirasi saya untuk menulis adalah sebuah desa bernama GIETHOORN di negara NETHERLANDS, mereka membangun sebuah desa tanpa jalan raya, tanpa mobil dan hanya menggunakan perahu untuk berpergian.

Hal tersebut memang dapat dilakukan di daerah tersebut, karena memang mereka sudah membuat konsep untuk desa tersebut, tetapi bagaimana dengan indonesia ? apakah bisa juga di terapkan untuk membangun desa tanpa jalan dan tanpa kendaraan ?

Mungkin hal tersebut sulit untuk di lakukan di indonesia , tetapi saya mempunyai sebuah ide yang hampir mirip dengan desa GIETHOORN, yaitu membangun Desa Cerdas Tanpa Polusi.


Tentang Gagasan Desa Cerdas Tanpa Polusi


Desa Cerdas Tanpa Polusi merupakan sebuah ide yang memuat banyak sekali inovasi untuk pembangunan sebuah desa yang inovatif, karena kita tidak hanya ingin desa tersebut tanpa polusi tetapi menjadi desa percontohan untuk desa cerdas, nyaman, aman, dan menyenangkan.

Dalam hal transportasi, kita akan menggantikan kendaraan bermotor dengan sepeda, dan bagi anggota masyarakat yang bersedia untuk mengganti atau beralih dari motor ke sepeda akan mendapatkan sebuah hadiah yaitu sepeda gratis.

Dalam hal pelayanan publik, kita akan membangun pusat pelayanan kesehatan yang seluruhnya berbasis IT, karena hal tersebut akan mempercepat proses dan meminimalisir pungli.

Dalam hal fasilitas publik, kita akan membangun stasiun - stasiun untuk sepeda seperti di negara Australia, jadi kita hanya perlu scan barcode di belakang sepeda untuk membuka maupun mengunci sepeda tersebut. Selain itu kita juga akan membangun tempat bermain untuk anak, dan membangun pusat tempat olahraga.

Dan yang terakhir adalah kursus gratis untuk belajar komputer, dan tujuan dari kursus ini adalah untuk membuat lapangan pekerjaan yang baru, karena bila kita ketahui saat ini semua hal yang mencakup bidang IT dapat dijadikan sebagai ladang pekerjaan.

Komentar