Analisis game Slither.io


Slither.io adalah game multiplayer yang tersedia di berbagai platform seperti iOS, Android, dan juga Website. Permainan ini sangat mudah dimainkan, pemain mengontrol avatar menyerupai worm, yang mengkonsumsi pelet beraneka warna, baik dari pemain lain dan yang secara alami muncul di peta dalam permainan, untuk tumbuh dalam ukuran.

Tujuan permainan ini adalah untuk menumbuhkan cacing terpanjang di server. Slither.io memiliki konsep yang mirip dengan permainan web Agar.io 2015 yang populer dan mengingatkan pada game arcade klasik Snake.

Game Slither.io sama seperti game Agar.io menggunakan Algoritma Greedy. Algoritma Greedy merupakan jenis algoritma yang menggunakan pendekatan penyelesaian masalah dengan mencari nilai maksimum sementara pada setiap langkahnya.

Algoritma greedy adalah algoritma yang besifat heuristik, mencari nilai maksimal sementara dengan harapan akan mendapatkan solusi yang cukup baik. Meskipun tidak selalu mendapatkan solusi terbaik (optimum), algoritma greedy umumnya memiliki kompleksitas waktu yang cukup baik, sehingga algoritma ini sering digunakan untuk kasus yang memerlukan solusi cepat meskipun tidak optimal seperti sistem real-time atau game.

Gameplay


Dengan menekan dan menahan tombol spasi atau tombol kiri / kanan mouse (di ponsel, mengetuk dua kali layar sentuh), pemain dapat menggunakan penguatnya, yang menyebabkan avatar menjadi lebih cepat.

Ketika tombol (atau, pada ponsel, jari pada layar sentuh) dilepaskan, worm akan berhenti menggunakan dorongannya. Ketika seorang pemain menggunakan dorongan mereka, cacing kehilangan beberapa massa, menyebabkan ukuran cacing menyusut sedikit, dengan massa yang hilang dari dorongan muncul sebagai garis pelet kecil di mana dorongan itu digunakan.

Kehilangan massa dapat diperoleh kembali dengan mengkonsumsi pelet. Mirip dengan pelet yang jatuh dari avatar yang dikalahkan, pelet pendorong sesuai dengan warna avatar. Fitur boost berguna untuk mengatasi dan mengalahkan lawan. 

Strategi umum yang digunakan oleh pemain untuk mengalahkan lawan adalah avatar pemain melingkar di sekitar lawan dalam satu lingkaran, sampai lawan, yang terjebak dalam lingkaran, menabrak pemain. 

Skin

Ada 16 skin default, masing-masing warna solid yang berbeda bersama dengan beberapa pola berulang. Warna dipilih secara acak ketika pemain bergabung dengan server. Pemain dapat memilih untuk menyesuaikan penampilan cacing mereka menggunakan kulit khusus dengan desain unik termasuk bendera negara yang berbeda, serta kulit dengan motif dan warna yang mewakili YouTuber terkenal, seperti Jacksepticeye, Jelly dan PewDiePie.

Pemain dapat memilih untuk membuat kulit mereka sendiri, dengan alat yang dikenal sebagai "Build a Slither," yang menunjukkan warna berbeda yang dapat dibuat dari avatar, yang dapat ditempatkan pada worm setelah mengklik. 

Sebelumnya, untuk membuka kunci skin kustom dalam mode browser, pemain dipaksa untuk berbagi permainan di Twitter atau Facebook menggunakan tautan eksternal yang ditemukan di situs web. Pada Juni 2016, kemampuan untuk menambahkan skin juga ditambahkan ke versi iOS dan Android.

Mobile

Ada tiga skema kontrol pada aplikasi iOS dan Android: "Classic", di mana worm mengikuti jari pemain; "Joystick", di mana ibu jari kiri mengontrol cacing menggunakan joystick virtual dan ibu jari kanan membuatnya lebih cepat; dan "Panah", yang persis seperti Joystick tetapi dengan panah di atas kepala cacing yang menunjukkan arah bergeraknya. 

Sejak Juni 2016, versi seluler juga memungkinkan pemain bermain offline melawan komputer menggunakan mode kecerdasan buatan. Dalam mode kecerdasan buatan, pemain bermain melawan cacing yang dihasilkan komputer.

Komentar