Post test Optimasi Query

Menurut anda pentingkan melakukan  optimasi query dalam memanajemen  database?

Sangatlah penting karena Optimasi Query adalah suatu strategi penggunaan sumber sumber jalur query secara lebih efektif dan efisien dengan tujuan untuk seminimal mungkin total waktu yang digunakan ketika proses query berlangsung.Intinya dalam mengoptimalkan query adalah dengan meminimalkan “jalur” pencarian untuk menemukan data yang disimpan dalam lokasi fisik.  

Buat ringkasan dari materi SQL Tuning atau Optimasi Queri

Database Tuning adalah sejumlah aktifitas yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja atau performance sebuah database. Aktifitas tuning ini meliputi banyak aspek dari software hingga hardware, antara lain I/O Tuning, DBMS Tuning, Query Tuning, dan Database Maintenance. Masing-masing memiliki tekniknya sendiri-sendiri, dan membutuhkan skill yang mumpuni,  kita akan mencoba melakukan Query Tuning dengan bantuan Database Index.

Pagination
Salah satu teknik yang banyak digunakan dalam aplikasi database adalah pagination, dimana teknik ini harus diketahui total rows yang ada dalam sebuah table untuk menentukan jumlah page yang ada.


Execution plan
Execution plan yang dipilih oleh mysql saat mengeksekusi perintah count(*), maka terlihat seperti di bawah ini, bahwa mysql melakukan full table scan, ditandai dengan type=ALL pada execution plan yang muncul. 


Searching
Model  query lain yang sangat umum, yaitu query searching dengan menggunakan WHERE clause. Dicari sebuah row tertentu yang lokasinya di tengah-tengah table.  


 Buat kesimpulan dari materi SQL Tuning atau Optimasi Queri

SQL Tunning adalah Sebuah metodologi untuk memaksimalkan throughput dan meminimalkan response time untuk proses-proses seperti transaksi online, aktivitas-aktivitas internet dan batch job. Dengan kata lain, Performance and Tuning adalah sebuah upaya untuk memaksimalkan infrastruktur baik software ataupun hardware yang ada agar dapat berfungsi dengan optimal. 

Performance and Tuning sebenarnya memiliki dua tugas yang dijalankan berdampingan, performance bertujuan untuk memonitor kinerja dari infrastruktur. Hasil monitor ini akan ditindaklanjut dengan tuning sebagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja.
 

Komentar